Harga Kamera Video Sebanding dengan Performanya?

Kamera video sudah menjadi kawan akrab di dunia industri film. Kamera video ini melewati beberapa zaman dalam penemuannya. Awalnya, kamera video ini menggunakan mesin tabung dan kurang praktis karena terlalu besar. Kemudian, berkembanglah menjadi kamera video televisi yang mesin tabungnya lebih kecil dibanding penemuan pertama. Berkat penemuan kedua ini dapat menayangkan siaran televisi berwarna.

Kamera video ini mulai populer dengan nama camcorder di tahun 1982. Camcorder sudah dirancang dengan bentuk yang praktis dan mudah dijumpai di rumah- rumah. Di tahun 2010, muncullah teknologi camcorder tiga dimensi tanpa kaset. Disinilah titik terang dimana dunia perfilm-an merekam menggunakan camcorder. Harga kamera video pun bervariasi mulai dari kualitas standar sampai terbaik.

Prinsip Kerja Kamera Video

Kamera video ini memiliki prinsip kerja mengambil video melalui lensa yang diteruskan ke panel penangkap gambar. Selanjutnya gambar yang sudah ditangkap lensa akan dilewatkan pada filter warna dan diteruskan ke sensor gambar. Sensor gambar mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang populer dengan nama pixel. Gambar yang sudah dirubah jadi digital akan diproses menjadi format gambar. Terakhir, tinggal memilih media penyimpanan gambar.

Performa Kamera Video

Kita mungkin memilih membeli camcorder dengan banyak pertimbangan, mulai dari harga sampai kualitas performanya. Kemajuan inovasi camcorder membuktikan bahwa Harga kamera video murah belum tentu buruk pula performanya.

  1. Analisa Gambar Bergerak

Performa bisa dilihat dari hasil perekaman video yang telah diambil.

  1. Titik Resolusi

PenentuanĀ  nilai horizontal dan vertical, serta banyak sedikitnya pengujian sensor warna.

  1. Keseimbangan Putih

Penilaian true color dan pengaturan pencahayaan yang standar.

  1. Perhitungan Noise

Perbandingan antara noise dan sinyal. Semakin tinggi nilai noise maka semakin baik pula hasil gambar.

  1. Cahaya Sensitif

Durasi pengambilan pencahayaan, semakin lama durasinya menandakan buruknya camcorder.

  1. Kompresi Kontra

Perbedaan antara hasil gambar dan pada saat perekaman

  1. Kualitas Gambar

Kualitas gambar dan daya tahan rekam. Semakin tinggi resolusi dan semakin kuat daya baterai maka semakin baik camcorder.

Jenis Kamera Video

Setelah mengetahui bagaimana mengukur performa video, perlu juga mempertimbangkan jenis camcorder apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut penjelasan jenis dan harga kamera video:

  1. Kamera Studio

Ukuran kamera studio memang paling besar diantara jenis camcorder lainnya. Kamera ini memerlukan kelengkapan yang cukup banyak, diantaranya pedestal, tripod, portajip, video monitor yang di sambungkan di dalam studio. Selain itu, operasi kamera studio lebih rumit sehingga butuh ketelatenan mempelajarinya. Harga kamera video ini paling mahal diantara lainnya.

  1. Kamera Eng

Yang kedua kamera eng. Kamera ini memiliki memiliki bentuk lebih kecil dibanding kamera studio, dilengkapi dengan portable lens. Kamera eng banyak digunakan meliput berita. Harganya agak mahal, diatas kamera EFP.

  1. Kamera EFP

Terkahir kamera EFP yang sangat praktis untuk produksi video diluar studio. Harga kamera video EFP relatif murah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *