The Walking Dead: Final Seasons (Done Running), Game Penjawab Tabir Misteri Clementine

 

Bagi Anda pecinta film, terutama yang serial dan berbau horor serta menegangkan, mungkin film horor bertemakan zombie-zombie berjudul The Walking Dead adalah sebuah film yang hanya dapat dinikmati di layar kaca televisi saja, namun bagi Anda yang menyukai game-game bertemakan senada, maka pastinya akan mengetahui bahwa film The Walking Dead itu adalah diadopsi dari sebuah game yang dibuat dan dipublikasikan oleh Telltale Games dengan judul yang sama.

Nah, kini The Walking Dead versi gamenya sudah memasuki masa akhir setelah beberapa bulan lalu pihak Telltale Games mengumumkan bahwa akan ada The Walking Dead: Season Four atau The Wakling Dead: The Final Season pada pertengahan bulan Agustus 2018 ini. Dan seperti yang sudah dijanjikan, seri terakhir dari The Walking Dead ini sudah dirilis secara resmi kemarin (14/8).

Dalam The Walking Dead: Final Season ini akan ada 4 episode, yaitu yang pertama “Done Running,” “Suffer The Children,” “Broken Toys” dan terakhir adalah “Take Us Back.” Dari keempatnya itu, hanya Done Running yang sudah diketahui tanggal rilisnya, yaitu kemarin bertepatan dengan dirilisnya sesi akhir dari game tersebut, sedangkan untuk yang ketiganya lagi masih belum diketahui kapan bakal dirilis.

Jadi dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan dari episode pertama atau The Walking Dead: Episode One (A New Day) yang mana dirilis pada tanggal 24 April 2012 lalu sampai pada seri terakhir ini, maka game point and click ini sudah berjalan selama 7 tahun dan diperkirakan bakal benar-benar selesai pada tahun 2019 mendatang.

Seperti yang sudah sempat diinformasikan di akhir dari The Walking Dead: Season Three (Episode 15 atau From The Gallows) di mana akan kembali lagi 2 sosok protagonis, Clementine dan Alvin Jr untuk ikut membantu melawan serbuan para zombie.

Selain Clementine dan Alvin Jr, dalam The Walking Dead: Final Season ini juga akan ada sejumlah karakter lain, seperti Tennessee, Violet, Marlon, Louis, Brody, Willy, Aasim, Mitch, Abel, AJ, Ruby, Rosie dan satu karakter yang masih misterius.

Masih sama seperti season pertama sampai yang ketiga, grafis game dan cara penggambaran setiap karakter atau juga para zombie yang digunakan pada season terakhir ini masih cukup sama. Gambaran-gambaran seperti sketsa komik yang mana digabungkan dengan grafis sekeliling yang nampak nyata menjadikan The Walking Dead berbeda dari game sejenis lainnya.

Namun terdapat beberapa pembenahan dan penambahan teknologi grafis beresolusi 4K dan juga HDR di dalam season four ini. Hal tersebut derfungsi agar di serial terakhir ini akan memberikan suatu pengalaman seru dan sedikit berbeda dan juga menjadi ‘kado’ terakhir dari Telltale Games kepada para penggemar gamenya.

Tidak hanya itu saja, combat systemnya juga mendapatkan pembaharuan serta akan ada pengalaman nge-game yang lebih menarik, menantang dan menegangkan karena over-the-shoulder cameranya sudah diperbaiki sedemikian rupa. Selain itu, gamer dapat benar-benar bebas untuk mengatur kamera atau sudut pandang dan juga dapat berjalan setiap inci atau secara perlahan di game satu ini.

Telltale Games juga berjanji bahwa selain menjadi seri pamungkas, The Walking Dead: Final Season ini akan menjadi game yang sangat menantang karena sedikit berbeda dengan episode-episode sebelumnya, para gamer akan ditantang untuk lebih hanya sekadar menentukan pilihan saja, namun lebih dari itu. Terlebih lagi, game engine yang digunakan benar-benar sangat baru jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Dalam game ini, Telltale Games juga menjelaskan bahwa The Walking Dead: Final Season merupakan game yang akan menceritakan sejarah kehidupan Clementine secara keseluruhan dan akan menjawab banyak pertanyaan yang muncul dan membingungkan di episode-episode sebelumnya.

Selain itu, dalam game ini, Clementine tidak lagi terlihat seperti remaja putri yang kalem dan lugu, melainkan lebih mirip sebagai seorang fighter dewasa. Dia akan menjadi pengawas sekaligus mentor dari seorang bocah bernama AJ dan ingin berusaha menjadi pemimpin dengan meniru Lee yang selalu diikutinya di episode-episode awal.

Perubahan karakter dan segala hal yang terdapat pada diri Clementine tersebut merupakan imbas dari banyak kejadian dan momen yang ditampilkan dalam The Walking Dead: A New Frontier sebelumnya. Dalam seri tersebut, Clementine harus tumbuh berkembang di dalam dunia yang sudah tidak lagi ramah dan penuh dengan kekejian, pembunuhan, senjata dan juga zombie.

AJ sendiri adalah seorang bocah yang diadopsi oleh teman Clementine, Rebecca. Clementine sudah berjanji akan merawat AJ ketika Rebecca tewas. AJ sendiri dibawa dan mulai bersama Clementine sejak ada peristiwa di Richmond, Virginia atau seperti yang pernah diceritakan di seri A New Frontier. Tentu saja, dikarenakan menjadi pengawas AJ dan bertubuh agak sedikit lebih bongsor dibandingkan dengan yang ditampilkan di seri-seri terdahulu, maka akan terkesan bahwa Clementine dan AJ ini adalah seorang ibu dan anak yang sedang pergi menuju suatu tempat.

Secara keseluruhan, AJ memang masih sangat kecil jika dibandingkan dengan Clementine dari segi usia ataupun tubuhnya, namun bocah satu ini cukup pandai untuk terus merekam tindakan yang dilakukan Clementine dan menirukannya secara langsung pada suatu momen, seperti contohnya harus menyerang siapapun yang berusaha mengendap-endap dari belakang atau bahkan menggigit, memukul dan melakukan tindakan agresif ketika ada orang yang tidak dikenal dan berusaha berbuat hal yang buruk kepadanya atau kepada Clementine.

Clementine juga diceritakan cukup bagus dalam mendidik dan menanamkan segala hal kepada AJ, mulai dari bagaimana cara bertahan dan juga menyerang. Hal-hal semacam itu didapatkan oleh Clementine dari Lee yang kemudian dia transferkan kembali ke AJ.

Namun, Telltale Games memang sengaja membuat game terakhir ini sangat menarik karena dapat menentukan sifat dan kepribadian AJ berdasarkan keputusan Clementine yang mana karakternya dimainkan oleh para gamer. Dengan kata lain, AJ dapat saja tumbuh menjadi seorang yang lemah jika karakter dan setiap keputusan Clementine terlalu ‘ramah’ atau juga sebaliknya di mana AJ akan berubah menjadi bocah terlatih jika Clementine menunjukkan sikap dan tindakan yang tanpa pandang bulu kepada setiap lawannya.

Selain akan bertugas untuk mengawasi AJ, Clementine juga mempunyai tugas untuk mencari tempat tinggal dan juga bangunan yang dulunya adalah sekolah yang bernama Ericson Academy dan telah diubah bentuknya oleh para penghuni sebelumnya sebagai benteng atau tempat persembunyian selama beberapa tahun terakhir. Tentunya bukan satu tugas yang mudah, bukan?

Di Done Running ini, Telltale Games sepertinya hanya memfokuskan pada perjalanan Clementine dan AJ saja yang mana diperkirakan sudah cukup lama mereka berdua sendiri, kemudian juga pertemuan serta berhubungan dengan karakter lain yang dalam hal ini adalah Marlon, seorang pimpinan di suatu daerah.

Game episode terakhir ini per tanggal 14 Agustus 2018 kemarin langsung dirilis untuk versi PC, Xbox One dan PS4, sedangkan untuk versi Nintendo Switch baru akan dirilis di akhir tahun nanti. Harga dari The Walking Dead: Final Season (Done Running) adalah sebesar USD 19.99 atau sekitar Rp 300 ribuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *